http://quehagoconloschicos.com/wp-content/uploads/2015/10/728x90.jpg

Minggu, 31 Juli 2016

Manfaat Memiliki NPWP

NPWP Manfaat memiliki NPWP adalah kemudahaan dan menjadi salah satu syarat dalam berbagai proses administrasi seperti di bank dan... thumbnail 1 summary
NPWP
Manfaat memiliki NPWP adalah kemudahaan dan menjadi salah satu syarat dalam berbagai proses administrasi seperti di bank dan pos. Beberapa dokumen penting memasukan nomor NPWP kedalam list syarat pembuatannya. Dan jika tidak memiliki NPWP, anda bisa jadi tidak diperkenankan untuk membuat dokumen-dokumen ini. Untuk dokumen yang pembuatannya membutuhkan NPWP, ini dia di antaranya:

1. Kredit di Bank
jika anda ingin mengajukan kredit ataupun utang di bank, NPWP digunakan sebagai salah satu syarat agar anda bisa mendapatkan kredit tersebut.

2. Rekening Koran
Jika ingin membuat sebuah rekening Koran maka NPWP menjadi syarat penting agar pihak bank dapat memproses dan rekening Koran yang anda ajukan dapat dibuat. Sekilas mengenai rekening Koran, adalah sebuah laporan yang berfungsi seperti layaknya buku tabungan biasa yang kita punya jika memiliki rekening bank. Namun rekening Koran ini hanya diperuntukan untuk badan usaha atau perusahaan, bukan individu.

3. Pembuatan SIUP
Jika anda ingin mengajukan permohonan SIUP atau Surat Ijin Usaha Perdagangan, maka anda harus membawa NPWP sebagai salah satu syaratnya.

4. Administrasi Pajak Final
Jika anda hendak membayar Pajak Final, anda membutuhkan nomor NPWP anda. Jadi jangan lupa untuk menyertakan NPWP anda.

5. Paspor
Jika anda ingin membuat paspor, NPWP berguna untuk memenuhi persyaratan pembuatannya.

       6. Mengurus Restitusi pajak
Restitusi pajak adalah keadaan di mana anda sudah membayar pajak, namun ternyata jumlah pajak yang anda bayarkan lebih dari yang seharusnya. Kejadian seperti ini bisa saja terjadi. Bisa disebabkan oleh adanya kesalahan pada penghitungan pajak. Dan kelebihan pajak yang sudah anda bayarkan dapat dikembalikan. Dan NPWP sangat dibutuhkan ketika anda menginginkan kelebihan pajak anda dikembalikan.

7. Mengajukan pengurangan untuk pembayar pajak
Jika wajib pajak ingin mengajukan keberatannya terhadap jumlah pajak yang harus dibayarkan, maka NPWP sangat dibutuhkan sebagai syarat sekaligus untuk melihat jumlah pajak yang seharusnya dibayarkan oleh wajib pajak tersebut.

8. Melaporkan jumlah pajak yang harus dibayarkan
NPWP juga bermanfaat saat anda melakukan pelaporan terhadap jumlah pajak yang harus anda bayar serta ketika anda menyetorkan pajak tersebut.

9. Menyetor pajak penghasilan
Manfaat memiliki NPWP dapat langsung anda rasakan ketika anda akan menyetor pajak. Untuk wajib perorangan tetapi tidak memiliki NPWP akan dikenakan pemotongan pada penghasilannya yaitu 20% lebih tinggi sebagai jumlah pajak yang harus dibayarkan. Dan tentu saja, untuk wajib pajak perorangan yang sudah memiliki NPWP akan dikenakan pemotongan yang lebih rendah.

Demikian yang dapat saya share dan Semoga Bermanfaat!

Tidak ada komentar

Posting Komentar

rental-surabaya
Kami adalah perusahaan yang berkembang di bidang IT, khususnya di bidang rental/sewa peralatan multimedia. Dengan dukungan pengalaman dan teknisi yang handal serta sanggup menghadapi berbagai situasi di lapangan membuat kami selalu menjadi pilihan utama Costumer di Indonesia.